Dec 22
2018

3 Klub Didenda UEFA karena Langgar Financial Fair Play

3 Klub Didenda UEFA karena Langgar Financial Fair Play

Berita Bola,  3 Klub Didenda UEFA karena Langgar Financial Fair Play

Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) telah menghukum tiga klub, yakni Sporting Lisbon, FK Vardar, dan PFC Levski Sofia, untuk membayar denda lantaran telah melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP). UEFA meminta ketiga klub tersebut untuk segera melunasi denda yang sudah diberikan itu paling lambat pada Januari atau Februari 2019.

Apabila tidak memenuhi hukuman tersebut maka dua klub di antaranya, yakni Vardar dan Levski Sofia akan dilarang untuk ikut berkompetisi di ajang Liga Champions atau pun Liga Eropa selama satu musim. Sementara Sporting Lisbon sendiri tak dikenakan sanksi ban dari kompetisi antarklub Eropa tersebut, namun tetap diharuskan segera membayar dendanya.

[ Baca Juga : Ini Langkah yang Dilakukan Solskjaer untuk Memilih Skuad Man United ]

UEFA tak memberitahu secara spesifik dalam hal pelanggaran FFP apa yang sudah dilakukan Vardar dan Levski Sofia sehingga bisa dilarang bermain pada kompetisi antarklub Eropa selama setahun. Akan tetapi yang pasti biaya yang perlu dibayarkan kedua klub tersebut cukup besar, yakni berjumlah 100.000 euro atau berkisar Rp1,67 miliar, dilansir KamusJudi.

Larangan tidak boleh mengikuti kompetisi antarklub Eropa seperti Liga Champions dan Liga Eropa, tentu menjadi suatu masalah bagi Vardar dan Levski Sofia. Pasalnya kedua tim tersebut tengah berada di posisi yang mungkin saja pada akhir musim mendapatkan kesempatan bermain pada salah satu kompetisi tersebut. Seperti Vardar kini berada di urutan kedua pada klasemen Liga Makedonia dan Levski masih berusaha di peringkat ketiga klasemen Liga Bulgaria.

Sementara itu Sporting diketahui karena melanggar FFP tentang terlambatnya mereka dalam hal melunasi hutang. Karena pelanggaran tersebut, Sporting harus membayar denda sebanyak 50.000 euro (Rp834 miliar).

Tags:,