Aug 3
2020

Di Sepakbola Inggris, Batuk ke Wajah Lawan Bisa Dikartu Merah

Di Sepakbola Inggris, Batuk ke Wajah Lawan Bisa Dikartu Merah

Berita Bola, Di Sepakbola Inggris, Batuk ke Wajah Lawan Bisa Dikartu Merah

Federasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan aturan baru di tengah pandemi virus corona. Pemain yang sengaja batuk ke arah lawan atau wasit bisa diberi kartu merah atau kuning.

Dalam beberapa pekan terakhir, FA menyusun dokumen terkait panduan untuk wasit dalam memimpin pertandingan dengan protokol COVID-19. Peraturan baru ini akan segera berlaku dan diterapkan di semua level pertandingan.

Dilansir oleh Panduan Bermain Judi, dokumen FA menyatakan bahwa tindakan harus diambil ketika “wasit yakin seseorang dengan sengaja, dan dari jarak dekat, batuk ke wajah lawan atau ofisial pertandingan”. Itu berarti wasit bisa memberi kartu kuning atau bahkan kartu merah.

Tindakan tersebut –dengan sengaja mengarahkan batuk ke wajah lawan– akan masuk sebagai “penggunaan bahasa dan/atau gestur yang ofensif, menghina, atau kasar.”

Baca Juga :

Sebuah Fondasi Masa Depan AC Milan

Jika insiden dinilai tidak terlalu parah hingga harus berujung pengusiran, maka wasit bisa mengeluarkan peringatan atas ‘tindakan tidak sportif’ yang tidak menghormati pertandingan.

Meski demikian, wasit tidak perlu menghukum pemain yang cuma batuk ‘biasa’. Wasit juga harus mengingatkan pemain agar tidak meludah di lapangan. Selain itu, ofisial pertandingan juga tidak punya kuasa untuk mengatur social distancing saat perayaan gol.

Selama pandemi virus corona, beberapa peraturan baru memang telah diterapkan dalam pertandingan sepakbola. Beberapa di antaranya adalah lima pergantian pemain dan water break di setiap babak – Kamus Judi.

Tags:, ,