Dec 18
2015

Ini Proses Panjang Pemecatan Jose Mourinho

Ini Proses Panjang Pemecatan Jose Mourinho

Berita Bola,London – Karier Jose Mourinho sebagai pelatih Chelsea telah berakhir . Dewan klub telah membahas nasib Mourinho dalam sebuah forum. Diskusi ini bahkan telah berjalan sejak awal Oktober silam.

Sumber Sky Sports menuturkan para dewan klub rutin membahas kelanjutan karier Mourinho. Diskusi ini berlangsung sejak Chelsea kalah 3-1 dari Southampton pada 3 Oktober lalu.

Para anggota dewan kembali berkumpul dan berdiskusi setelah Chelsea kalah dari Leicester City, Selasa lalu.

Dewan klub Chelsea terdiri dari Bruce Buck, Eugene Tenenbaum, Marina Granovskaia, dan Michael Emenalo. Pemilik Chelsea, Roman Abramovich, juga selalu hadir dalam pertemuan itu.

Pertemuan-pertemuan itu belum menghasilkan keputusan apapun. Sky Sports melaporkan dewan klub berhati-hati dalam memecat pelatih berjulukan The Special One itu untuk kedua kalinya.

Pada akhir musim lalu Mourinho memperpanjang kontraknya bersama Chelsea untuk empat tahun. Jika Chelsea memecat Mourinho, maka mereka harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar kompensasi.

Jika pemecatan adalah keputusan terakhir, maka Chelsea harus membayar kompensasi sebesar 40 juta pound sterling kepada pelatih asal Portugal itu. Jumlah tersebut setara dengan Rp 839 miliar.

Di kontrak anyarnya, Mourinho mendapat gaji sebesar 250 ribu pound sterling, Rp 5,2 miliar, per pekan.

Bagi klub sekaya Chelsea, kompensasi itu sangat besar. Apalagi Chelsea sering membayar kompensasi itu sejak memecat Luiz Felipe Scolari pada 2009.

The Blues harus membayar kompensasi kepada pelatih-pelatih yang mereka pecat setelah itu seperti Carlo Ancelotti, Andre Villas-Boas, dan Roberto Di Matteo.

Chelsea bisa melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2015/16, namun di Premier League posisi mereka sungguh bertolak belakang.

Klub asal London Barat itu berada di dekat zona degradasi. Sang juara bertahan telah menelan sembilan kekalahan dari 16 pertandingan Premier League.

Dewan klub dan Roman Abramovich dikabarkan juga membuat daftar pelatih-pelatih yang akan menggantikan Jose Mourinho.

Di antaranya adalah Guus Hiddink, Avram Grant, Fabio Capello, dan mantan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers.