Apr 28
2019

Perjalanan Rivaldo, dari Gagal Gabung Parma hingga Jadi Bintang Barcelona

Perjalanan Rivaldo, dari Gagal Gabung Parma hingga Jadi Bintang Barcelona

Berita Bola,  Perjalanan Rivaldo, dari Gagal Gabung Parma hingga Jadi Bintang Barcelona

RIVALDO Vitor Borba Ferreira menginjakkan kaki di Tanah Eropa pada musim panas 1996 setelah digaet Deportivo La Coruna dari klub asal Brasil, Palmeiras. Saat itu, kedatangan Rivaldo di Stadion Riazor –markas Deportivo– cukup mengagetkan.

Sebab menurut Kamus Judi, beberapa bulan sebelumnya atau ketika hendak membela Tim Nasional (Timnas) Brasil di Olimpiade 1996, Rivaldo telah diresmikan sebagai pemain Parma. Saat itu, Parma menggaet dua pemain Palmeiras. Selain Rivaldo, Parma juga mendatangkan Amaral yang kemudian menjadi pemain andalan mereka.

Sayangnya karena suatu hal, Parma gagal mendapatkan Rivaldo dan Deportivo coba memanfaatkan situasi tersebut. Bersama Super-Depor –julukan Deportivo, Rivaldo tampil tajam. Dari 41 penampilan di Liga Spanyol 1996-1997, Rivaldo yang biasa mentas sebagai playmaker mengoleksi 21 gol.

Rivaldo

Catatan itu menarik perhatian pelatih Barcelona saat itu, Bobby Robson. Robson yang berpaspor Inggris pun mendorong manajemen Barcelona untuk mendatangkan pemilik kaki kiri mematikan tersebut. Akan tetapi, manajemen Barcelona sempat menolak saran yang dilemparkan Robson.

Sebab, manajemen Barcelona sudah memiliki pemain idaman, yakni Steve McManaman. Gelandang berpaspor Inggris itu dinilai cocok dengan gaya permainan Barcelona. Namun, lewat usaha keras, Robson berhasil meyakinkan manajemen Blaugrana –julukan Barcelona– untuk membawa Rivaldo ke Estadio Camp Nou.

Pada akhirnya, Rivaldo diboyong Barcelona dari Deportivo seharga 23,5 juta euro atau setara Rp371,4 miliar. Harga mahal yang dikeluarkan Barcelona dibayar tuntas oleh Rivaldo., Fleksibilitas posisi membuat Rivaldo dapat beroperasi di mana-mana. Sebut saja winger kiri, playmaker, gelandang tengah hingga penyerang.

Karena itu, gaya permainan Rivaldo sulit ditebak dan gol demi gol pun mengalir dari kaki dan kepala ayah empat anak tersebut. Selama lima musim (1997-2002) membela Barcelona, Rivaldo total mengoleksi 133 gol dan 41 assist dari 236 penampilan.

Infografis Rivaldo

Selain itu dilansir dari Kamus Judi, Rivaldo total memberikan empat trofi bagi Barcelona, yang mana dua di antaranya merupakan gelar Liga Spanyol. Bahkan pesona yang dimiliki Rivaldo menarik hati kapten Manchester United di pengujung 1990-an, Roy Keane.

Saat itu, Keane menyebut Rivaldo sebagai pemain yang paling diinginkannya untuk dibawa ke Man United. Pada akhirnya, transfer Rivaldo ke Man United tidak kesampaian karena yang bersangkutan masih betah membela Barcelona.

Tags:,