Dec 25
2015

Rahasia Keangkeran Stadion Anfield

Rahasia Keangkeran Stadion Anfield

Berita Bola, London – Stadion Anfield yang menjadi kandang Liverpool dikenal sebagai stadion yang angker. Beberapa klub di seluruh Eropa pernah menjadi korban kebuasan Liverpool saat bermain di stadion ini.

Hal tersebut tidak terjadi begitu saja, tetapi ada faktor perawatan stadion yang membuat Liverpool selalu tampil apik ketika bermain di Anfield. Manajer Lapangan Liverpool, Terry Forsyth memaparkan bagaimana lapangan Anfield selalu dirancang sesuai dengan strategi permainan Liverpool.

Forsyth sangat mengetahui tipikal lapangan-lapangan yang digunakan oleh Liverpool di Anfield, Melwood, hingga di akademi. Lapangan tersebut dirawat dan dirancang khusus untuk memuluskan permainan Liverpool.

“Liverpool selalu bermain dengan operan cepat dan licin yang didukung dengan lapangan yang cukup basah dengan rumput-rumput yang dipotong pendek. Setiap pemain menyukainya dengan cara mereka masing-masing,” ujar Forsyth yang dilansir laman resmi Liverpool.

Tim manajerial lapangan Liverpool selalu dipangkas lebih banyak ketika akan hujan atau memberi tambahan beberapa bagian tanah. Cahaya, pupuk, aliran udara, hingga jamur semua diperhitungkan.

“Banyak yang perlu dipersiapkan sebelum pertandingan. Ini seperti insting. Ini seperti sebuah kerjasama tim dalam pertandingan. Semuanya harus padu untuk hasil terbaik.”

Forsyth telah menjadi manajer lapangan di Liverpool selama 43 tahun. Dirinya menyatakan pensiun ketika usianya menginjak 59 tahun.

“Hari-hari saya penuh dengan sepak bola, tapi saya tidak menonton pertandingannya, saya menyaksikan lapangannya.”