Mar 24
2016

Top Score: 11 Pemain yang Mendunia karena Penggemblengan Ronald Koeman

Top Score: 11 Pemain yang Mendunia karena Penggemblengan Ronald Koeman

Bandar Bola

Berita Bola,PELATIH bertangan dingin mungkin pantas disematkan kepada pria kelahiran Belanda, 53 tahun silam, Ronald Koeman. Meski belum pernah tercatat melatih tim-tim elit Eropa, Koeman berhasil menghasilkan pesepak-pesepak bola terbaik Eropa.

Beberapa pemain terbaik tercatat pernah menjadi anak asuh Koeman sebelum akhirnya berhasil mencengangkan dunia sepakbola internasional. Berikut adalah 11 pesepakbola hasil tangan dingin Koeman, mengutip dari Squawka, Kamis (24/3/2016):

1.Santiago Canizares

Canizares diasuh oleh Koeman saat kiper asal Spanyol itu membela Valencia di penghujung karier profesionalnya pada 2008. Bersama Koeman, Canizares berhasil mempersembahkan gelar Copa del Rey. Ia bahkan tercatat sebagai salah satu kiper terbaik Valencia dan Spanyol kala itu.

2.John Heitinga

Pria asal Belanda ini berhasil mempersembahkan dua gelar Liga Belanda untuk Ajax Amsterdam. Heitinga dipercaya bermain di 80 pertandingan oleh Koeman. Usai bermain di Ajax, Heitinga hijrah ke Atletico Madrid dan Everton. Namun kariernya mulai menurun saat berkostum Fulham (2014) dan memutuskan pensiun di akhir musim ini di Ajax.

3.Toby Alderweireld

Alderweireld bergabung dengan Southampton dengan status pemain pinjaman dari Atletico Madrid pada 2014/2015. Meski demikian, hal tersebut tidak merubah kepercayaan Koeman atas pria 27 tahun tersebut. Ia ditugaskan menjaga pertahanan Southampton pada era itu. Penampilannya bersama Southampton sukses menarik perhatian Tottenham Hotspurs di akhir musim. Tak perlu menunggu lama, Alderweireld segera dipinang Tottenham dan kini ia dikenal sebagai pemain tumpuan lini belakang Tottenham.

4.Cristian Chivu

Keberhasilan Chivu bersama Inter Milan tidak terlepas dari buah manis kerja kerasnya di Ajax Amsterdam. Pria asal Rumania itu dikenal sebagai pemain andalan Koeman selama memperkuat Ajax. Sebelum hijrah ke AS Roma, Chivu berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Belanda untuk Ajax.

5.Maxwell

Karier cemerlang Maxwell dapat dikatakan bermula dari Ajax Amsterdam. Pada kala itu, Maxwell dipercaya Koeman untuk mengisi lini tengah Ajax. Penampilan gemilang Maxwell sukses menari perhatian Inter Milan. Ia resmi hengkang dari Ajax ke Inter Milan pada 2005.

6.Morgan Schneiderlin

Kiprah Schneiderlin di dunia sepakbola Inggris bermula dari kesempatan yang diberikan Koeman kepada pria asal Prancis ini saat dirinya memperkuat Southampton. Schneiderlin bahkan dinobatkan sebagai salah satu pemain lini tengah terbaik Liga Inggris. Penampilan gemilangnya itu sukses menarik perhatian Manchester United (MU) pada bursa transfer 2014/2015.

7.Rafael Van der Vaart

Karier sepakbola pria asal Jerman ini bermula di Ajax Amsterdam. Bersama Koeman, ia berhasil menyabet penghargaan Golden Boy pada 2003. Pada era itu pula dia berhasil menyumbangkan 22 gol dalam semua kompetisi. Beberapa tim besar, seperti Real Madrid dan Tottenham Hotspur tercatat telah dicicipi pria 33 tahun ini.

8.Juan Mata

Koeman hanya menghabiskan satu musim di Valencia, namun ia berhasil mencetak salah satu pesepakbola terbaik Spanyol. Mata tercatat bekerja sama selama satu musim dengan Koeman. Pria yang kini berseragam Setan Merah itu tercatat bermain sebanyak 33 pertandingan dan mencetak sembilan gol bersama Koeman.

9.David Silva

Koeman adalah pelatih pertama yang memberikan kesempatan pada Silva untuk merumput bersama Valencia. Sebelumnya, Silva tercatat sudah dua musim dipinjamkan. Karena penampilannya yang cukup memukau bersama Valencia kala itu, ia berhasil dipertahankan pada musim selanjutnya.

10.Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic menjadi pemain muda andalan Ajax saat klub asal Amsterdam itu dipimpin Koeman. Bersama Koeman, Ibrahimovic sukses mencetak 48 gol dalam 110 pertandingan seblum akhirnya hijrah ke Juventus pada 2004.

11.David Villa

Tak dapat dipungkiri penampilan Villa tidak dapat dilupakan selama berkarier di Valencia. Meski hanya diasuh satu musim oleh Koeman, Villa berhasil tampil gemilang dengan raihan 22 gol dalam 41 pertandingan. Ia juga berhasil mempersembahkan piala Copa del Rey kepada Valencia.